Strategi Dakwah Nahdlatul Ulama Dalam Pendidikan Fikih Ibadah Bagi Masyarakat Desa Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung

  • Nurul Khoeriyah INISNU Temanggung
Keywords: strategi LDNU, pendidikan, fikih ibadah, dan masyarakat

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah minimnya pengetahuan masyarakat tentang fikih ibadah dan perlu adanya strategi yang dilakukan LDNU untuk memberikan pendidikan fikih ibadah kepada masyarakat, sehingga setelah memahami fikih ibadah, masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dalam pendidikan fikih ibadah bagi masyarakat Desa Bansari dan mengetahui serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan strategi Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dalam pendidikan fikih ibadah bagi masyarakat Desa Bansari.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah tokoh ulama Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari, kemudian sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, laporan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari, dan dokumentasi kegiatan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. 

Hasil penelitian ini adalah (1) strategi LDNU dalam pendidikan fikih ibadah dengan menerapkan strategi dakwah bi al-lisan yang dilakukan melalui  kerja sama dengan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Desa Bansari diimplementasikan pada kegiatan safari Ramadan di masjid dan musala, kerja sama dengan ikatan remaja masjid Desa Bansari diimplementasikan melalui pengajian di Masjid At Taqwa Dusun Banaran pada hari Rabu dan Sabtu, kerja sama dengan jemaah yasin ibu-ibu se-Desa Bansari diimplementasikan melalui pengajian setelah kegiatan yasinan pada hari Kamis dan Jumat. (2) faktor pendukung pada penerapan strategi LDNU dalam Pendidikan fikih ibadah adalah tingginya antusiasme masyarakat, terjalinnya kerja sama yang baik antar ustaz dari berbagai alumni pondok pesantren, beragamnya materi yang disampaikan dalam pengajian, penggunaan metode tanya jawab, adanya kegiatan selapanan anggota  Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari. Faktor penghambat penerapan strategi adalah cuaca tidak menentu dan minimya ketersediaan sarana, beragamnya kesibukan anggota, kurangnya pemahaman materi oleh ustaz LDNU, minimnya sosialisasi tempat pelaksanaan kegiatan, belum diterapkannya platform dakwah digital.

Published
2024-01-16