Upaya Guru dalam Meningkatkan Literasi Agama Islam Peserta Didik di MTs Mu'allimin Katekan
Abstract
Literasi agam Islam merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman literasi agama Islam pada peserta didik dan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan literasi agama Islam pada peserta didik di MTs Mu’allimin Katekan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah transkip dari hasil wawancara, analisis yang kemudian ditarik kesimpulan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemahaman literasi agama Islam pada peserta didik MTs Mu’allimin Katekan masih rendah, dengan minat literasi agama Islam pada peserta didik juga rendah. Perlu adanya peningkatan budaya literasi agama Islam pada peserta didik. (2) upaya guru dalam meingkatkan literasi agama Islam pada peserta didik MTs Mu’allimin Katekan dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini. Upaya yang dilakukan guru seperti adanya program pembiasaan literasi yang wajib diikuti oleh semua peserta didik. contohnya, kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna, membaca 15-20 menit sebelum pembelajaran dimulai, pembiasaan kegiatan BTQ dan adanya jam tambahan kajian kitan Akhlakul Banin. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan literasi agama Islam dalam madrasah dibagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran.