Internalisasi Nilai Pendidikan Islam di SMK Negeri Tembarak

Studi Analisis Terhadap Budaya Sekolah

  • Siti Chalimatus Sakdiyyah STAINU Temanggung

Abstract

Every school certainly has a culture, including SMK Negeri Tembarak. In its implementation, the school culture at SMK Negeri Tembarak is internalized by the value of Islamic education because the value of Islamic education is not maximally absorbed, resulting in negative behavior even though there is a school culture at SMK Negeri Tembarak. This type of research is a field research with qualitative methods. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. And data analysis techniques with data editor, data display, and data verification. The results of this study are first, the process of school culture in internalizing the value of Islamic education at SMK Negeri Tembarak is inseparable from the principal's program and the school's annual program, reinforced by the presence of supporting facilities such as musola, extracurricular, intracurricular, and others. Second, the form of implementation of the existing school culture that supports Islamic Education teachers in internalizing the values ​​of Islamic education implies moral values, worship values, and Islamic values. Third, the supporting and inhibiting factors. The supporting factors are active students, environment, habits, the existence of uswah or examples, and interesting activities. While the obstacles in the form of apathy, less attractive activities, lack of socialization, environment, and new habits.

References

Daryanto dan Tarno, Hery. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hasil wawancara dengan Anggita, Oktana Dwi siswi kelas XIII Mekatronika A pada tanggal 9 September 2020, pukul 13.05 WIB.
Hasil wawancara dengan Anggita, Oktana Dwi siswi kelas XIII Mekatronika A pada tanggal 9 September 2020, pukul 13.05 WIB.
Hasil wawancara dengan Anwar, Syaiful selaku guru utama PAI SMK Negeri Tembarak pada tanggal 7 September 2020, pukul 13.43 WIB.
Hasil wawancara dengan Auzai, Muhammad Sulchan selaku wakil ketua OSIS SMK N Tembarak 2019/ 2020 pada tanggal 10 September 2020, pukul 21.37 WIB.
Hasil wawancara dengan Fahmi selaku kepala sekolah SMK Negeri Tembarak pada tanggal 31 Agustus 2020, pukul 13.59 WIB.
Hasil wawancara dengan Istiyani, Linda siswi kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak C dan ketua seksi kebersihan Majlis Taklim Al-Jadid SMK Negeri Tembarak pada tanggal 10 September 2020, pukul 12.35 WIB.
Hasil wawancara dengan Martoyo selaku guru pengampu mata pelajaran PKN di SMK Negeri Tembarak pada tanggal 28 September 2020, pukul 09.11 WIB.
Hasil wawancara dengan Mulyani, Fajar Indah selaku guru pengampu mata pelajaran Kimia di SMK Negeri Tembarak pada tanggal 28 September 2020, pukul 09.18 WIB.
Hasil wawancara dengan Noviyanti Puput, Oktavia Dwi, Sartika Ratna, dan Irbah Vira Hanifatun selaku siswi SMK Negeri Tembarak pada tanggal 25 September 2020, pukul 13.05 WIB.
Hasil wawancara dengan Setiawan, Deni Wahyu selaku siswa kelas XI Mekatronika A pada 25 September 2020, pukul 15.07 WIB.
Hasil wawancara dengan Subagyo, Budi selaku waka kesiswaan pada tanggal 31 Agustus 2020, jam 14.35 WIB.
Hasil wawancara dengan Sulanjari, M. selaku guru pengampu mata pelajaran Elektro di SMK Negeri Tembarak pada tanggal 28 September 2020, pukul 09.23 WIB.
Hasil wawancara dengan Widyarani, Anggi siswi kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak A pada tanggal 9 September 2020, jam 15.38 WIB.
https://bsnp-indonesia.org/standar-nasional-pendidikan/ diakses pada tanggal 22 September 2020 pukul 11.57 WIB.
Ibda, Hamidulloh, "Penguatan Nilai-Nilai Sufisme Dalam Nyadran Sebagai Khazanah Islam Nusantara", Jurnal Islam Nusantara, Vol 2, No 2 (2018), Hlm. 153.
K., Kalidjernih, F.. 2010. Kamus Studi Kewarganegaraan: Perspektif Sosiologikal dan Political. Widya Aksara Press.
Maryamah, Eva. 2016. “Pengembangan Budaya Sekolah”, dalam Jurnal Tarbawi Vol.2, No. 02.
Panjaitan, Ade Putra, Darmawan, Alan, dkk. 2014. Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sidiq, Umar dan Choiri, Moh. Miftachul. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Utomo, Sigit Tri dan Ifadah, Luluk. 2020. “Filsafat Progresivisme dan Implikasinya bagi Pendidikan Islam”, dalam Wahana Islamika Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6. Magelang: Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Husain.
Widyaningsih, Titik Sunarti, Zamroni, Zuchdi, Darmiyati dkk, 2014. “Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP dalam Perspektif Fenomenologis (Studi Kasus Di SMP 2 Bantul),” dalam Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 2, No. 2.
Published
2021-04-30
How to Cite
Sakdiyyah, S. (2021). Internalisasi Nilai Pendidikan Islam di SMK Negeri Tembarak. Jurnal Ilmiah Citra Ilmu, 17(33), 21-34. Retrieved from http://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/JICI/article/view/94