https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/AHS/issue/feedAbdul Hadi Shofwan: Jurnal Pendidikan Islam (Journal of Islamic Education)2024-02-13T14:14:03+07:00Hamidulloh Ibdahumastainutemanggung@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Abdul Hadi Shofwan: Jurnal Pendidikan Islam </strong><em><strong>(Journal of Islamic Education)</strong></em><strong> ,</strong> is an national journal published by Faculty of Tarbiyah and Teachers Training, Nahdhatul Ulama Islamic Institute (INISNU) of Temanggung, central java. This Journal is published twice a year (February and August). We provide a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Islamic education in terms of philoshopy, policy, comparison, sience, transformation, innovation, leadership, management, curriculum, madrasah, pesantren and inclusive education</p>https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/AHS/article/view/160Strategi Dakwah Nahdlatul Ulama Dalam Pendidikan Fikih Ibadah Bagi Masyarakat Desa Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung2024-02-13T14:14:01+07:00Nurul Khoeriyahkhoeriyah.nurul20@gmail.com<p>Latar belakang penelitian ini adalah minimnya pengetahuan masyarakat tentang fikih ibadah dan perlu adanya strategi yang dilakukan LDNU untuk memberikan pendidikan fikih ibadah kepada masyarakat, sehingga setelah memahami fikih ibadah, masyarakat dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dalam pendidikan fikih ibadah bagi masyarakat Desa Bansari dan mengetahui serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan strategi Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) dalam pendidikan fikih ibadah bagi masyarakat Desa Bansari.</p> <p>Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah tokoh ulama Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari, kemudian sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, laporan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari, dan dokumentasi kegiatan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. </p> <p>Hasil penelitian ini adalah (1) strategi LDNU dalam pendidikan fikih ibadah dengan menerapkan strategi dakwah <em>bi al-lisan</em> yang dilakukan melalui kerja sama dengan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Desa Bansari diimplementasikan pada kegiatan safari Ramadan di masjid dan musala, kerja sama dengan ikatan remaja masjid Desa Bansari diimplementasikan melalui pengajian di Masjid At Taqwa Dusun Banaran pada hari Rabu dan Sabtu, kerja sama dengan jemaah yasin ibu-ibu se-Desa Bansari diimplementasikan melalui pengajian setelah kegiatan yasinan pada hari Kamis dan Jumat. (2) faktor pendukung pada penerapan strategi LDNU dalam Pendidikan fikih ibadah adalah tingginya antusiasme masyarakat, terjalinnya kerja sama yang baik antar ustaz dari berbagai alumni pondok pesantren, beragamnya materi yang disampaikan dalam pengajian, penggunaan metode tanya jawab, adanya kegiatan selapanan anggota Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Ranting Bansari. Faktor penghambat penerapan strategi adalah cuaca tidak menentu dan minimya ketersediaan sarana, beragamnya kesibukan anggota, kurangnya pemahaman materi oleh ustaz LDNU, minimnya sosialisasi tempat pelaksanaan kegiatan, belum diterapkannya <em>platform </em>dakwah digital.</p>2024-01-16T15:44:47+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/AHS/article/view/161Upaya Guru dalam Meningkatkan Literasi Agama Islam Peserta Didik di MTs Mu'allimin Katekan2024-02-13T14:14:02+07:00Aliyahuna Nafisa Dya Kusuma Dewialiyahunanafisadkd@gmail.com<p>Literasi agam Islam merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman literasi agama Islam pada peserta didik dan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan literasi agama Islam pada peserta didik di MTs Mu’allimin Katekan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian <em>purposive sampling</em>. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah transkip dari hasil wawancara, analisis yang kemudian ditarik kesimpulan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemahaman literasi agama Islam pada peserta didik MTs Mu’allimin Katekan masih rendah, dengan minat literasi agama Islam pada peserta didik juga rendah. Perlu adanya peningkatan budaya literasi agama Islam pada peserta didik. (2) upaya guru dalam meingkatkan literasi agama Islam pada peserta didik MTs Mu’allimin Katekan dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik saat ini. Upaya yang dilakukan guru seperti adanya program pembiasaan literasi yang wajib diikuti oleh semua peserta didik. contohnya, kegiatan pembiasaan membaca <em>Asmaul Husna</em>, membaca 15-20 menit sebelum pembelajaran dimulai, pembiasaan kegiatan BTQ dan adanya jam tambahan kajian kitan <em>Akhlakul Banin</em>. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan literasi agama Islam dalam madrasah dibagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran.</p>2024-02-13T13:50:56+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/AHS/article/view/162ANALISIS SOAL IPA BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)2024-02-13T14:14:03+07:00Evi Nur Indah Maghfira Yuniarindahhanindhiya29@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalis soal pada Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Study Case</em>, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian menyajikan hasil mengenai kapasitas soal yang berorientasi HOTS. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV MI Darut Thulab. Dalam menyusun soal, guru telah melakukan penyusunan sesuai tahap-tahap penyusnan soal HOTS. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari soal PTS IPA yang dianalisis, terdapat 25 % soal yang berorientasi HOTS. Sedangkan pada soal PAT IPA, terdapat 32% soal yang berorientasi HOTS. Berdasarkan hasil tersebut, MI Darut Thulab telah mengimplementasikan penerapan soal HOTS, namun masih perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan.</p>2024-02-13T13:52:24+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/AHS/article/view/251Peningkatan Karakter Religius Melalui Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Kelas IV MI Al Iman2024-02-13T14:14:03+07:00Solikhatun Mubarokahlihasolihah2017@gmail.com<table> <tbody> <tr> <td> <p><em>This research is motivated by the low religious attitude of grade IV MI Al Iman students, such as ridiculing friends who have different skin color, ethnicity, or race and indifference to environmental cleanliness. The purpose of this study was to describe the increase in religious character through the Value Clarification Technique (VCT) on the Beautiful Togetherness Theme, the Sub-Theme of Gratitude for Diversity in Class IV MI Al Iman. The object of this research is class IV MI Al Iman. This form of research uses PTK so that it uses qualitative and quantitative research methods. Data collection techniques in this study were interviews and observation. The results showed that through the Value Clarification Technique (VCT) learning model it was able to improve students' religious character. The increase can be seen in the results of the pre-cycle study with a classical completeness percentage of 24.24%. After the action was taken in Cycle I with a classical completeness percentage of 55.53%. And cycle II with a classical mastery percentage of 84.09%, and has fulfilled the predetermined indicator success criteria with at least 75%. </em></p> </td> </tr> </tbody> </table>2024-02-13T14:11:08+07:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/AHS/article/view/207Analisis Fitrah Belajar Siswa dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD2024-02-13T14:14:03+07:00Desty Putri Hanifahdestyputri@unsiq.ac.idNur Hafifahafifahnurthelast@gmail.comNurhayati Puja Afiyantinurhayatipuja@gmail.com<p><em>The purpose of this study is to analyze the content of learning disposition in the textbooks of Islamic religious education and moral education in the 4th grade. In primary school age children, the learning disposition undergoes rapid development. In order for later students to become lifelong learners, the nature of learning must be preserved. Therefore, the learning process in elementary schools should be able to optimize the learning disposition of students. This research is part of library research. The books for analysis were the Merdeka Curriculum textbooks with the subjects of Islamic Religious Education and Class 4 Characteristics as primary data and other relevant books as secondary sources. A checklist sheet was used as an instrument. The results showed that the Islamic Religious Education and Class 4 Characteristics textbooks had a good suitability (B) to the type of learning of the students, with a value of 3. The suitability included: 1) the suitability of the preparation of textbooks with the nature of student learning was good (B), with a value of 3; 2) the material components in textbooks lead to the formation of the nature of student learning is good (B), with a value of 3; and 3) the activities that form the nature of student learning are good (B), with a value of 3. Textbooks are an important component in learning. The ideal textbook should be a book that harmonizes with the development and nature of students according to their age.</em> </p>2024-02-13T13:54:26+07:00##submission.copyrightStatement##