Format Politik Pendidikan Pesantren Indonesia dari Masa ke Masa
Abstrak
Pendidikan formal yang telah banyak mengalamin kemajuan dan berbagai variasi tidak bias dilepaskan dari pesantren. Pesantren sendiri telah aktif di Indonesia 300 sampai 400 tahun lamanya. Kehadiran pesantren dirasa mampu turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mengetahui seberapa besar peran politik dalam Pendidikan pessantren, harus mengetahui perjalanan dari masa ke masa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan perjalanan peantren masa ke masa era pemerintahan Indonesia. Adapun metode yang dilakukukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan literatur review dengan mengumpulkan berbagai tulisan, baik jurnal, buku, dan lain hal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini yaitu pesantren mengalami berbagai kemajuan, utamanya dari sisi kuantitas di setiap daerah. Hal yang mendasari adalah dukungan dari pemerintah terhadap eksistensi pesantren. Setiap masa dalam pemerintah mempunyai kebijakan yang berbeda-beda terkait dengan pesantren. Dan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan Pendidikan dalam pesantren. Sehingga dapat dikatakan pesantren tidak dapat berkembang dan maju tanpa adanya dukungan dari pemerintah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdul Rahman Halim. “Aktualisasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Pada Madrasah Swasta Di Sulawesi Selatan.” Lentera 1, NO. 1 (2008).
Afif Hasan. Ilmu Pendidikan Islam. Malang: UM.Press, 2011.
Anzar, Abdullah. “MADRASAH DI INDONESIA DARI MASA” (2013): 193–207.
Aqib, Suminto. Politik Islam Hindia Belanda. Yogyakarta: LP3ES, 1985.
Fuad, A. Zakki. Sejarah Pendidikan Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2011.
Huda, Nur. Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelektual Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2007.
Jati, Wasisto Raharjo. “Ulama Dan Pesantren Dalam Dinamika Politik Dan Kultur Nahdlatul Ulama.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 13, no. 1 (2013): 95–111.
Kementerian Agama. , Analisis Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Jakarta: Kemenag RI, 2012.
Mubin, Fatkhul. “Politik Pendidikan Islam Indonesia: Perlawanan Pesantren Terhadap Hegemoni Pendidikan Barat Era Klonialisme Belanda.” Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 3, no. 1 (2020): 123–135.
Republik Indonesia. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media, 2010.
Samsul Nizar. Sejarah Pendidikan Islam; Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana, 2009.
Sarnoto, Ahmad Zain. “Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia.” Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya 3, no. 1 (2014): 60–80.
Sholehuddin. Politik Kelembagaan Pendidikan Islam Masa Orde Baru : Sebuah Inspirasi Dalam Mengembangkan Mata Diklat Kebijakan Kementerian Agama Tentang Pendidikan Madrasah Di Era Reformasi. Surabaya: Balai Diktat Surabaya, 2014.
Slamet Untung, Moh. “Kebijakan Penguasa Kolonial Belanda Terhadap Pendidikan Pesantren.” Forum Tarbiyah, no. 9 (2013): 1–13.
Syarif, M. “Politik Etis Pemerintah Kolonial Hindia Belanda Dan Pengaruhnya Terhadap Pesantren.” Inovatif 5, no. 1 (2019): 109–131.
Syeh Hawib Hamzah. “Perkembangan Pesantren Di Indonesia (Era Orde Lama, Orde Baru, Dan Reformasi).” Syamil 2, No. 1 (2014).
Tamin, Zaini. “PESANTREN DAN POLITIK (Sinergi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 2, no. 2 (2015): 323–345.
Wahyuddin, Wawan. “Kontribusi Pondok Pesantren Terhadap NKRI.” Kajian Keislaman 3 no.1 Jan, no. 1 (2016): 42. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/90.
Yahya, H. Imam. “Demokrasi Pesantren : Menebar Format Politik Yang Damai.” Jurnal At-Taqaddum 6, no. 2 (2014): 187–205. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/713.
Yuningsih, Heni. “Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Baru” 2015 (2015): 175–194.
Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Dalam “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. Bandung: Fokus Media, 2010.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##