Konsep Pendidikan Agama Terhadap Anak di Lingkungan Keluarga Perspektif Hadist

  • Day Suryani Khalimah Mahasiswa
  • yahya muhajir fadholi
  • ANA RAHMAWATI

Abstract

Berbicara mengenai konsep pendidikan agama terhadap anak  di lingkungan keluarga dalam perspektif hadist untuk mengetahui pentingnya pendidikan Agama terhadap anak dalam lingkup keluarga. Dan pentingnya orang tua sadar dan tahu bahwa keluarga adalah pendidikan pertama bagi anak yang nantinya akan mempengaruhi pola perilaku anak. Bahkan  tidak lepas dari perbandingan hadist yang berisi panduan mendidik anak. Jenis riset yang digunakan adalah penelitian kepustakaan sebagai dasardengan literasi (dokumen) berupa buku hadist tarbawiy. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep Pendidikan agama terhadap anak di lingkungan keluarga dalam perspektif hadist meliputi Pendidikan ibadah, Pendidikan akidah,dan  Pendidikan akhlakul karimah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI. (1994). Al Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Kumudasmoro Grafindo.
Afifuddin, & Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 8(1).
Munzier, & Hery Noer Aly. (2013). Watak Penidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani
Suwarno. (1992). Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tafsir Ahmad. (2001). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Ulwan, & Abdullah Nasih (2012). Pendidikan Anak menurut Islam: Kaidah-kaidah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuhairini, dkk., (1981). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.
Published
2023-10-28
How to Cite
Khalimah, D., fadholi, yahya, & RAHMAWATI, A. (2023). Konsep Pendidikan Agama Terhadap Anak di Lingkungan Keluarga Perspektif Hadist. Jurnal Ilmiah Citra Ilmu, 3(2), 1-8. https://doi.org/10.58523/jici.v19i2.157