Membentuk Karakter Anak Melalui Pendidikan Multikultural di Perumahan Permata Indah Madureso Temanggung
Abstrak
This study aims to determine the formation of children's character through multicultural education in Permata Indah Madureso Temanggung Housing. This research is a descriptive study using a qualitative approach. The study sample was determined using a purposive sampling technique, consisting of RT and RW heads, Village Heads, 2 Islamic parents, 2 parents Christian and Catholic, 1 Javanese, Sundanese, Batak and Chinese parents. The validity of the data is obtained using source triangulation and methods. The technique of collecting data uses interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman models which include data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study are as follows; (1) Multicultural education is used to shape the character of children in Permata Indah Housing by considering various types of society. Among them consist of more than one religion and four different ethnic traditions and cultures. (2) The prominent children's character in the beautiful jewel housing of Temanggung Madureso village is a tolerant and religious character
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter anak melalui pendidikan multikultural di Perumahan Permata Indah Madureso Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari ketua RT dan RW, Kepala Kelurahan, 2 orang tua yang bergama Islam, 2 orang tua beragama Kristen dan katolik, 1 orang tua etnis Jawa, Sunda, Batak dan China. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Pendidikan multikultural digunakan untuk membentuk karakter anak di Perumahan Permata Indah dengan pertimbangan tipe masyarakat yang beragam. Diantaranya terdiri dari lebih dari satu agama dan empat etnis yang berbeda tradisi dan kebudayaan. Sedangkan cara mengimplementasikan pendidikan multikultural dalam membentuk karakter anak adalah dengan keteladanan dan menciptakan lingkungan keluarga dan masyarakat yang toleran. (2) Karakter anak yang menonjol di Perumahan Permata Indah Kelurahan Madureso Temanggung adalah karakter toleran dan agamis.