Konstruksi Hermeneutika Al-Qur’an Al-Jabiri Analisis Kritis QS. Al-Mukminun Ayat 12-14
Abstract
Artikel ini menganalisis epistemologi tafsir Muhammad Abid al Jabiri dalam bukunya. Karya terbarunya diproyeksikan untuk membuat Alquran relevan dengan umat manusia saat ini dan dengan pasti mengkritik studi Alquran klasik yang telah dibangun oleh para sarjana sebelumnya. Berawal dari kritik Arab, yang diharapkan dapat mensinergikan kesenjangan antara Turath dan modernitas, al Jabiri menjajal teorinya dalam ranah kajian Alquran yang berorientasi pada orisinalitas dan interpretasinya dari pengaruh sektarian. Berfokus pada tinjauan al Jabiri tentang Alquran, makalah ini mengkaji dan mengaitkan beberapa masalah dengan epistemologi kritik dalam penalaran Arab. Akhirnya, disimpulkan bahwa tawaran epistemologis al Jabiri yang digunakan di Turath tidak sepenuhnya berlaku dalam studi Alquran karena beberapa alasan. Al-Jabiri dan Diterapkan oleh QS.Al-Mukminun 12-14 dalam makalah ini dengan teorinya.
Downloads
References
Al Jabiri, M. Abied. 1991. Al Turats wa al Hadatsah, Dirasat wa al Munaqasat. Beirut: Markaz Dirasat al Wahdah al Arabiyyah.
Al Jabiri, M. Abid. 1993. Nahnu wa al Turats . Beirut: al Markaz al Turats al Arabi.
Al Jabiri, M. Abied. 1994. Fikr Ibnu Khaldun; al Ashabiyyah wa al Daulah, Ma’alim Nazariyyah Khalduniyyah fi al Tarikh al Islami. Beirut: Markaz Dirasat al Wahdah al Arabiyyah.
Al Jabiri, M. Abied. 2005. Post-Tradisonalisme Islam. Terjemahan oleh Ahmad Baso. Yogyakarta: LkiS.
Al Jabiri, M. Abied. 2006. Madkhal ila al Quran. Beirut: Markaz Dirasat al Wahadah al Arabiyah.
Al Jabiri, M. Abied. 2008. Fahm al Qur’an al Hakim. Maroko: Dar al Baida’.
Al Jabiri, M. Abied. 2002. Takwin al ‘aql al arabi Muhammad Abd Al Jabiri. Beirut: Markaz Dirasat Al Wahdat Al ‘Arabiyya
Bakker, Anton dan Ahmad Charis Zubair. 1990. Metodelogi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Bartens, K. 2006. Filsafat Barat Kontemporer Perancis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Faiz, Fakhruddin. 2011. Hermeneutika al Quran. Yogyakarta: eLSAQ.
Foucault, Michel. 1994. The Order of Things: an Archaeology of the Human Sciences. New York: Vintage Books.
Hanbal, Ahmad bin. 1998. Musnad Ahmad bin Hambal. Beirut: Alam al Kutub.
Hermaneh, Wahid. 2003. Kritik kontemporer Atas Fisafat Arab Islam. Terjemahan oleh N. Nur Ichwan. Yogyakarta: Islamika. http://www.aljabriabed.com/IDENTITE.HTM. 31 Oktober 2015
Imarah, Muhammad. 2001. Radd fi Iftira’at al Jabiri ala al Quran. Kairo: Dar al Salam.
Kurdi dkk. 2010. Hermeneutika al Quran dan al Hadits. Yogyakarta: eLSAQ, Mustaqim, Abdul. 2003. Madzahibut Tafsir: Peta Metodologi Penafsiran al Quran Periode Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Nun Pustaka.
Suyuthi (al) Jalal al Din. 1968. Asbab al Nuzul. Kairo: al Halabi.
Tharabishi, George. 1996. Naqd Naqd al ‘Aql al ‘Arabi, Nadzariyat al ‘Aql. Libanon: Dar al Saqi.
Wahidi, al. 2001. Asbab al nuzul. Kairo: Dar al Hadits.
Zurqani, Muhammad Abdul Adhim. 2001. Manahil al Irfan. Kairo: Dar al Hadits.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Citra Ilmu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
